Minggu, Agustus 30, 2015

Churros



Churros

Churros adalah makanan ringan yang berasal dari Spanyol, bahannya mirip dengan adonan kue sus, hanya telurnya dikurangi agar adonan tidak terlalu lembek, dan cara pengolahannya yang beda, yaitu digoreng. Kali ini sebagian ada yang saya panggang juga di cetakan waffle. Penyajiannya bisa dengan ditabur gula pasir halus yang dicampur dengan kayu manis bubuk atau dicelup ke dalam coklat cair. Berikut resepnya..

Churros

Bahan :
250 ml air
125 gram margarin
1/2 sendok teh garam
150 gram tepung terigu
2 butir telur

Taburan :
Gula pasir halus
kayu manis bubuk

Saus coklat :
100 gram dark cooking chocolate
50 ml susu cair
1 sendok makan butter/margarin

Cara :
1. Rebus air, margarin, dan garam sampai mendidih, masukkan terigu, aduk cepat hingga adonan rata dan tidak lengket di dasar panci, angkat dan biarkan uapnya hilang.

2. Setelah agak dingin, masukkan telur satu persatu, aduk hingga rata, masukkan ke dalam piping bag  segitiga (spuit)

3. Spuitkan  memanjang diatas wadah yang telah diberi taburan sedikit terigu, masukkan sebentar ke freezer, setelah agak mengeras, keluarkan, baru di goreng. Cara ini lebih mudah daripada dispuitkan langsung ke dalam minyak goreng.

4. Bila tidak ingin digoreng, panggang di cetakan waffle hingga matang

5. Tabur dengan gula pasir halus yang dicampur dengan bubuk kayu manis

6. Saus coklat: panaskan susu cair dan butter dengan api kecil hingga butter leleh (jangan sampai mendidih), tuang diatas dark cocoking chocolate yang sudah dipotong-potong kecil. Aduk rata hingga coklat meleleh. Saus coklat siap digunakan.













2 komentar:

  1. Cihuiii... enaknya.. dpt ide dari mana mba adonan yang sdh di spuit lalu dimasukkan ke frizer??? hasilnya cantik banget ya mba.. lurus2 bentuknya.. biasanya lgsg di spuit ke dalam minyak panas dan hasilnya agak bengkok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Zulfa, iya beberapa kali bikin ini ga pernah puas karena hasilnya yang ga sempurna, ini karena saya pernah bikin rencana untuk sarapan pagi, malam dibikin pagi nya di goreng,tapi simpannya di refrigerator aja, jadi saya fikir klo ingin lebih cepat bisa disimpan di freezer, eh hasilnya lebih bagus, dan lagi klo menurut saya langsung di goreng lebih menyerap minyak ketimbang dibekukan dulu sebentar

      Hapus