Senin, Januari 12, 2015

Bolu Gulung Batik


~ Bolu Gulung Batik ~

Lagi-lagi bolu batik.....jujur setelah melihat bolu batik yang saya buat sudah jadi dan hasilnya yang tidak mengecewakan, rasanya seperti ketagihan ingin membuat bolu batik lagi dan lagi. Kali ini motif batik dari daerah Yogyakarta dan kalau tidak salah sebut ini motif  Parang, tidak tau juga ini jenis motif Parang yang mana, karena yang saya tau motif Parang juga ada beberapa. Motifnya saya contek dari kain yang saya punya, kainnya langsung saya fotocopy di printer. Kemudian di jiplak ke kertas roti dengan pensil untuk selanjutnya dilukis dengan adonan.

Resep masih seperti resep bolu batik saya yang sudah pernah juga dipost, berikut resepnya :


Bahan cake :
3 btr telur utuh 
100 gr gula pasir

1/2 sendok teh emulsifier (optional)
100 gr terigu protein rendah
50 gr butter (lelehkan)
50 ml minyak sayur
¼ sdt garam

pewarna sesuai kebutuhan (kali ini saya pakai coklat pasta)

bahan isi:
Selai blueberry

Cara membuat:
1. kocok telur dan gula hingga kental dan berjejak, setelah itu masukan tepung terigu , aduk balik dengan spatula ,tambahkan minyak dan butter, aduk rata.
2. bagi adonan menjadi beberapa warna sesuai kebutuhan, ambil sedikit adonan untuk outline (adonan dasar) masukkan ke piping bag
3. siapkan kertas roti yang telah digambar pola menggunakan pensil, tempelkan terbalik diatas Loyang (saya pakai loyang ukuran 27 x 20 x 3 cm ) yang sudah dioles tipis dengan margarin,  kertas roti yg menghadap keatas jg dioles margarine tipis
4. mulai melukis sesuai pola  menggunakan adonan yang sudah disiapkan, 
setelah semua tertutup warna kukus 2 menit asal set dan tidak basah.
5. tuang sisa adonan seluruhnya, kukus hingga matang kurang lebih 15-20 menit
6. angkat, dinginkan, buka perlahan kertas roti, balikkan cake letakkan diatas kertas roti

10.oleskan selai, gulung sambil dipadatkan (episode ini yg selalu bikin deg-degan,takut patah.. tapi memang disaat menggulung harus percaya diri, cepat dan jangan ragu-ragu)



kain yang saya jadikan contekan, hasil fotocopy nya dan yang sudah dijiplak











baru keluar dari kukusan, kertas roti belum dibuka


setelah kertas roti dibuka perlahan







ok....selamat mencoba....
bakalan ada lagi bolu gulung batik selanjutnya....hehe...^_^

16 komentar:

  1. Aku bikin kok motifnya nempel bgt di kertas rotinya...gmn yaa mbak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun nempel banget dikertas roti tapi dicake nya juga ada kan?

      Hapus
  2. kertas rotinya bisa pakai kertas roti yg biasa ya kak?

    BalasHapus
  3. Itu pola batik nya foto copy dari kain ato gambar sendiri, mb?

    BalasHapus
  4. mba punten, kukusannya pakai klakat ya?

    BalasHapus
  5. mba, ajarin cara buat puding batik dong mba. Terimakasih mba Elsa

    BalasHapus
  6. Bagus banget mba. Terima kasih lho mba udah berbagi ilmunya

    BalasHapus
  7. Bagus banget mba. Terima kasih lho mba udah berbagi ilmunya

    BalasHapus
  8. Mantap banget Bu ... sebelumnya saya juga telah mencoa berbegai resep kue bolu yang sudah saya tuliskan pada sebuah blog
    https://buatkuekukus.blogspot.com/

    Sekiranya berkenan untuk mampir dan mengoreksi hihiihi ...

    BalasHapus