Senin, Januari 05, 2015

Bolu Gulung Batik Samarinda


~ Bolu Gulung Motif Batik Samarinda ~

Bolu batik lagi...seperti terobsesi dengan bolu batik. Kali ini motif batik Samarinda, yang motifnya saya contek dari kain Samarinda yang saya punya, difoto lalu di print. Kemudian di jiplak ke kertas roti untuk selanjutnya dilukis dengan adonan.

Resep masih seperti resep bolu batik saya yang sudah pernah juga dipost, berikut resepnya :


Bahan cake :
3 btr telur utuh 
100 gr gula pasir

1/2 sendok teh emulsifier (SP/TBM)
100 gr terigu protein rendah
50 gr butter (lelehkan)
50 ml minyak sayur
¼ sdt garam

pewarna sesuai kebutuhan (kali ini saya pakai pandan pasta)

bahan isi:
Selai strawberry

Cara membuat:
1. kocok telur dan gula hingga kental dan berjejak, setelah itu masukan tepung terigu , aduk balik dengan spatula ,tambahkan minyak dan butter, aduk rata.
2. ambil sedikit adonan, bagi adonan menjadi beberapa warna sesuai kebutuhan, ambil sedikit adonan untuk outline (adonan dasar) masukkan ke piping bag
3. siapkan kertas roti yang telah digambar pola menggunakan pensil, tempelkan terbalik diatas Loyang (saya pakai loyang ukuran 27 x 20 x 3 cm ) yang sudah dioles tipis dengan margarin,  kertas roti yg menghadap keatas jg dioles margarine tipis
4. mulai melukis sesuai pola  menggunakan adonan yang sudah disiapkan, 
setelah semua tertutup warna kukus 2 menit asal set dan tidak basah.
5. tuang sisa adonan seluruhnya, kukus hingga matang kurang lebih 15-20 menit
6. angkat, dinginkan, buka perlahan kertas roti, balikkan cake letakkan diatas kertas roti

10.oleskan selai, gulung sambil dipadatkan (episode ini yg selalu bikin deg-degan,takut patah.. tp memang disaat menggulung harus pede, cepat dan jangan ragu-ragu)

Kain samarinda yang saya contoh, warna biru nya saya ganti dengan hijau

Setelah diprint

Dijiplak dengan pensil ke kertas roti

Letakkan diloyang dengan posisi terbalik, lukisan dengan pensil menghadap kebawah

Mulai melukis dengan adonan

Setelah selesai dilukis, siap untuk dikukus

Setelah dikukus 2 menit

Tuang sisa adonan

Selesai dikukus

Setelah dibalik sebelum kertas roti dibuka

Setelah kertas roti dibuka perlahan

Oles dengan selai strawberry, siap untuk digulung

Next...bolu batik motif apa lagi yaa...lagi suka lukis melukis sih sekarang..hehe...
Semua langkah diatas adalah versi saya yang belum pernah ikut kursus membuat bolu batik, mungkin kalau ahlinya lihat saya bakal diketawain kali ya...ntah cara saya ini benar atau salah, tapi menurut saya...saya sudah bisa menaklukkan bolu batik...alhamdulillah...

See you...🙇




Tidak ada komentar:

Posting Komentar