Minggu, November 01, 2015

Puding Karamel


Sudah lamaa nyimpan resep ini di note, tapi baru sekarang eksekusi, itupun setelah dua kali mencoba, baru bisa berhasil mulus seperti ini. Di percobaan pertama sukses hancur waktu mengeluarkan puding dari cetakan.
Alhamdulillah akhirnya berhasil..rasanya enak sekali ternyata, mau dinikmati selagi hangat atau saat sudah dingin, sama enaknya...
Sedikit tips dari saya, sebaiknya segera keluarkan puding dari cetakan selagi panas atau sesaat setelah dikeluarkan dari kukusan, karena apabila dikeluarkan saat sudah dingin apalagi setelah disimpan di kulkas, hasilnya karamel akan beku dan lengket.
Baiklah berikut resepnya ..

PUDING KARAMEL

Source : NCC – Indonesia
by: Fatmah Bahalwan – NCC

Bahan:

5 butir telur
125 gram gula pasir
2 sendok makan tepung maizena (optional)
500 ml susu segar (saya pakai susu cair UHT)
1/4 sendok teh vanilli

Karamel:

175 gram gula pasir
1 sendok teh air jeruk nipis
2 sendok makan air

Cara membuat :

Karamel :
Masukkan gula pasir kedalam panci. Masak hingga meleleh dan berwarna coklat. Matikan api, masukkan air dan air jeruk nipis, ratakan, tuang ke dalam loyang. (saya pakai cetakan  mangkuk kecil-kecil) Dinginkan (disuhu ruang saja)

Panaskan kukusan, campur bahan jadi 1, aduk rata dengan menggunakan whisk, tuang kedalam cetakan yang berisi karamel sambil disaring.

Kukus selama 30 menit atau hingga matang. Keluarkan dari cetakan. Dinginkan.

Selamat mencoba



Membuat karamel





campur bahan jadi satu dalam mangkuk


Saring adonan agar menjadi halus seperti ini


Tuang karamel kedalam cetakan




Tuang adonan perlahan diatas karamel tadi




2 komentar:

  1. Aslmlkm mba elsa... saya pingin buat puding ini tapi blm kesampaian... bingung sendiri baca resepnya.. jadinya gak berani buat takut hancur-hancuran... liat step by stepnya mba elsa saya senang banget dan keberanian lgsg muncul mba karna dah tau langkah2nya...Insya Allah saya akan coba nanti... barakallah ilmunya ya mba... trm ksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaykumsalaam mba Zulfa..alhamdulillah semoga ada manfaat, selamat mencoba ya mba, insya Allah berhasil,,beneran enak banget loh mba puding nya..hehe..

      Hapus