Minggu, November 09, 2014

Cotton Japanese Cheesecake


~ Cotton Japanese Cheesecake ~

bener-bener  deh kue yang satu ini....begitu masuk dimulut bisa langsung lumer gitu, dengan rasa keju yang royal..hehe.....sampai-sampai anak gadis saya bilang ini namanya cake busa...saking lembutnyaa....resepnya saya pakai punya mba Endang Just Try and Taste dengan sedikit modifikasi...Recommended recipe untuk segera di eksekusi...
berikut resepnya...

bahan :
200 gram cream cheese
25 gram margarine
120 ml susu cair
40 gram tepung terigu protein sedang
30 gram tepung maizena
4 kuning telur
4 putih telur
100 gram gula pasir

cara membuat :
panaskan oven disuhu 160 'C, letakkan rak pemanggang ditengah.
Siapkan loyang bongkar pasang, olesi dengan margarine  dan taburkan sedikit terigu pada permukaannya, bungkus rapat bagian luar loyang dengan alumunium foil, sisihkan.



Siapkan panci atau mangkuk alumunium atau wadah tahan panas lainnya, masukkan cream cheese, margarine dan susu cair. Siapkan panci lainnya dengan ukuran yang lebih kecil, isi dengan air kira-kira 1/2 tinggi panci. Letakkan mangkuk berisi cream cheese diatas panci berisi air, panaskan diatas kompor sambil cream cheese diaduk-aduk hingga meleleh, tercampur rata dan kental, jika telah tercampur baik segera angkat dari kompor






Masukkan tepung terigu dan tepung maizena kedalam adonan cream cheese, aduk rata dengan cepat sehingga menjadi adonan yang smooth dan bebas gumpalan, biarkan adonan hangat sebelum dimasukkan kuning telur.



Jika adonan cream cheese sudah tidak terlalu panas, masukkan kuning telur, aduk rata, sisihkan



Siapkan mangkuk mixer, masukkan putih telur kocok dengan speed tinggi hingga berbusa kira-kira 2 menit, kemudian masukkan gula pasir secara bertahap dalam 3 tahapan, pastikan gula sudah tercampur baik sebelum menambahkan porsi gula selanjutnya.
Kocok hingga putih telur terlihat mengkilap dan kaku, matikan mixer.




Masukkan putih telur secara bertahap kedalam adonan cream cheese dan tepung, aduk dengan teknik aduk balik, jika telah tercampur baru tambahkan porsi kocokan putih telur selanjutnya, dengan begitu putih telur akan tercampur baik dan tidak menggumpal.






Jika telah tercampur rata, masukkan kedalam loyang yang telah disiapkan.
Masukkan loyang berisi adonan ke loyang lainnya yang berukuran lebih besar, tuangkan air panas dengan hati-hati ke loyang bagian bawah kira-kira 1/4 tinggi loyang (teknik water bath / au bain marie) , panggang cake selama 40-50 menit hingga cake terlihat mengeras dan berwarna coklat keemasan.






Saya gunakan api atas selama 5 menit agar cake terlihat berwarna coklat keemasan seperti ini



Keluarkan dari oven dan angkat loyang cake dari air
Biarkan dingin hingga cake terlepas sendiri dari pinggiran loyang.
Buka loyang bongkar pasang, cake siap disajikan...ternyata disajikan dingin lebih nikmat...sangat nikmat malah..hehe...

happy baking...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar