Rabu, Juli 26, 2017

Unicorn Ogura Cake


Bismillah..
Cake selembut kapas, dibuat warna warni pula, ngelihatnya aja mata udah berbinar-binar ya, dan alhamdulillah rasanya juga enak. Sebaiknya memang menggunakan warna sekaligus perisa supaya terasa lebih enak. Gunakan hanya setetes pewarna agar hasilnya cake dengan warna yang soft. Berikut resepnya..

UNICORN OGURA CAKE
Source @le.chiffon18
Recipe : @jeannietay

Bahan :
5 kuning telur
1 telur utuh
60 ml minyak sayur
60 ml susu cair
85 gr terigu (saya pakai terigu protein rendah)

5 putih telur
1/2 sdt garam
100 gr gula castor

Cara membuat :
1. Kocok kuning telur dan telur dengan menggunakan handwhisk hingga kental (saya menggunakan  mixer). Masukkan minyak, aduk. Masukan susu, aduk rata. Masukan tepung sambil diayak. Aduk hingga rata. Adonan tidak terlalu kental tapi tidak encer.

2. Bagi adonan jadi 5 bagian. Beri masing-masing 1 tetes food colouring. Saya pakai pewarna  merk koepoe. Sisihkan.

3. Kocok putih telur hingga berbuih. Masukan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga soft peak.

4. Bagi rata meringue (putih telur kocok) ke setiap adonan berwarna. Jangan overmix karena adonan bisa cair dan cake akan bantat. Aduk balik dengan spatula atau dengan menggunakan hand whisk.

5. Setelah tercampur rata, sendokkan adonan ke dalam loyang ukuran 18 x 18 cm yang sudah di lapisi dengan baking paper, tidak perlu oles margarin. Masukan adonan selang seling acak saja masing-masing 1-2 sdm hingga adonan habis. Hentakkan loyang beberapa kali sebelum masuk ke oven supaya gelembung udaranya hilang.

6. Siapkan air panas di loyang yang ukurannya lebih besar dari loyang cake nya. Karena au bain marie metode, pastikan loyang utama rapat agar air tidak masuk. Bisa juga ditutup dengan aluminiumfoil biar aman. Masukkan loyang cake ke dalam loyang yg berisi air panas.

7. Panggang di suhu 170°c api atas bawah selama 50 menit, tergantung oven masing-masing. (dioven saya suhu 200°C)

8. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang balikkan dan lepas perlahan baking paper, supaya hasilnya mulus.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar