Kamis, April 16, 2015

Manisan Kolang Kaling


Manisan Kolang Kaling

Sebenarnya ini cemilan sederhana yang dari masa ke masa tidak pernah ketinggalan terhidang saat hari raya.
Dan kebetulan saya sendiri sering membuat manisan kolang kaling ini saat hari biasa, sejak saya mengetahui khasiat kolang kaling  yang sangat baik bagi kesehatan sendi, karena kandungan condroitinnya yang tinggi sangat baik untuk melumasi sendi.

Banyak cara untuk membuat manisan kolang kaling, yang terpenting saat membeli pilihlah kolang kaling yang kelihatan segar, tidak berlendir, bentuk utuh dan tidak berbau asam.

Baiklah, ini cara saya membuat manisan kolang kaling

Bahan :
3 kg kolang kaling
1/2 botol syrup
syrupnya terserah aja ya...saya pilih syrup rasa raspberry Kurnia (syrup favorite orang Sumatera) karena sejak kecil-kecil mama  kalau bikin  kolang kaling ya pakai syrup itu dan hasilnya sangat enak,  tidak terlalu manis dan segar, jadi sampai sekarang tidak pernah berpaling ke syrup yang lain.

Cara :
Cuci bersih kolang kaling, buang matanya kalau masih ada, gosok-gosok dengan tangan agar lendirnya hilang.
jika kolang kaling agak berbau asam, rendam selama satu jam dalam air cucian beras
Setelah selesai dicuci, tiriskan
Masukkan kolang kaling kedalam panci, tambahkan syrup dan air hingga setinggi kolang-kaling
masak hingga air dan syrup meresap
siap disajikan

Bagi yang suka manis, bisa ditambahkan gula pasir sesukanya, saya tidak menambahkan gula pasir lagi karena saya lebih suka yang kurang manis seperti ini, sekalian mengurangi asupan gula.




1 komentar: