Minggu, Mei 14, 2017

Bakso Bakar


Bismillah..
Alhamdulillah sudah ada waktu untuk ngeblog lagi, disela-sela kesibukan sempatin post satu dua resep yang sudah tersimpan di gallery.
Ini salah satu kesukaannya anak gadis di rumah, bakso bakar manis pedas. Baksonya lebih baik bikin sendiri ya bu ibu. Walaupun hasilnya memang gak seperti bakso yang dijual. Bakso homemade ini teksturnya lembut dan tidak kenyal. Bentuk nya juga  gak bisa bulat  cantik...hehe. Ga apa" yang penting sehat buat keluarga tercinta.  Berikut resepnya..

BAKSO BAKAR

Bahan :
30 buah bakso
2 sdm margarin untuk menumis
5 siung bawang putih, haluskan
1 buah bawang bombay, rajang halus
4 sdm kecap manis
2 sdm saos tomat botolan
2 sdm saos sambal botolan (bisa ditambah bila ingin lebih pedas)
Merica secukupnya
100 ml air

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan wangi. Tambahkan kecap manis, saos tomat, saos sambal, merica dan air. Aduk rata. Masukkan bakso, aduk rata, masak hingga kuah mengering. Angkat. Bakso siap dipanggang. Bisa dibakar seperti bakar sate pakai arang atau di atas kompor.
.

BAKSO DAGING SAPI

Bahan :
500 gram daging sapi, haluskan dengan food processor / chopper
1 butir telur bebek
100 gram tepung tapioka/kanji
50 gram bawang merah goreng
50 gram bawang putih, haluskan
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
50 gram es batu

Cara:
1. Campur semua bahan, aduk rata.
Kemudian blender lagi agar tercampur semua dan tekstur semakin halus.

2. Bentuk bulat dengan tangan, ambil sedikit adonan, genggam dengan tangan, ambil dengan sendok bulatan bakso yang keluar dari genggaman tangan.

3. Masukkan ke dalam air panas (tidak mendidih). Setelah semua bulatan bakso selesai, baru masukan ke dalam air mendidih, masak hingga mengapung, angkat, masukkan kedalam air es sebentar, tiriskan. Bakso siap digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar