Sabtu, Januari 28, 2017

Kue Sus Isi Vla Durian


Bismillah..
Di Medan sekarang sedang musim durian. Banjir durian dimana-mana. Mari kita manfaatkan duriannya. Dijadiin vla durian untuk isian kue sus..enak banget. Cocok buat cemilan weekend mendung seperti sekarang.
Kue sus nya saja tanpa vla sudah enak ya, apalagi diisi dengan vla durian. Sudah sangat cocok dengan resep ini, hasil sus nya mekar dan kokoh. Yang penting saat memanggang, panggang hingga buih dipermukaan kue sus benar benar hilang. Artinya sampai kue sus benar benar kering. Dan jangan membuka pintu oven sebelum waktunya.
.
KUE SUS ISI VLA DURIAN

Kue Sus
Untuk 16 kue sus ukuran jumbo 😊

Bahan :
250 ml air
125 gram margarin
1/2 sendok teh garam
150 gram tepung terigu protein tinggi , pakai yang protein sedang juga bisa
4 butir telur

Cara membuat :
1. Rebus air, margarin, dan garam sampai mendidih, masukkan terigu, aduk cepat hingga adonan rata dan tidak lengket di dasar panci, angkat dan biarkan uap panasnya hilang.

2. Setelah agak dingin, masukkan telur satu persatu, aduk hingga rata.  Supaya lebih rata boleh di mixer sebentar.
Masukkan ke dalam piping bag.

3. Semprotkan di loyang, saya gunakan loyang pie kecil.  Panggang dengan api besar sampai buih buih kecil dipermukaan kue hilang dan berwarna kecoklatan. Saya pakai oven listrik suhu 220 °C , api bawah 60 menit, api atas 10 menit. Sesuaikan dengan oven masing" ya. Pernah coba bake di otang, cuma butuh waktu 30 menit sudah matang. Jangan buka" pintu oven sebelum sus benar" matang.

Vla
Pakai 1/2 resep Vla Sus NCC, saya tambahkan daging buah durian

Bahan :
350 ml  susu cair
200 gr daging buah durian, haluskan dengan garpu
75 gram  gula pasir
25 gram  tepung maizena
¼ sendok teh garam
1 butir  kuning telur
1/2 sendok makan  margarin
1/2 sendok teh vanilla bubuk (tidak pakai)

Cara membuat :
1. Larutkan maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, masukkan ke campuran maizena dan susu cair , tambahkan vanilla bubuk, sisihkan.

2. Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran maizena yang sudah dicampur dengan susu dan kuning telur tadi, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Tambahkan daging buah durian, aduk rata. Angkat. Panas-panas, masukkan  margarin, aduk rata. Gunting sedikit setiap kulit sus. Masukkan vla kedalam plastik segitiga, isikan pada kulit.











4 komentar:

  1. Mbaa elsa.. Aku mau tny loyang pie nya utk adonan sus dioles margarin dlu tidak ya? Aku mau buat utk arisan bulan depan.. Makasi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dioles aja mba biar makin gampang lepasnya nanti kue sus nya. Maaf baru reply ya mba

      Hapus
    2. Iya dioles aja mba biar makin gampang lepasnya nanti kue sus nya. Maaf baru reply ya mba

      Hapus
  2. Kalo cuma pakai pasta durian gmn mba

    BalasHapus