Sabtu, Januari 28, 2017

Roti Gulung Abon


Bismillah...
Ini salah satu jenis rerotian yang saya suka. Gurih abon dan mayones membuat rasanya menjadi sangat enak. Juga wangi wijen dan daun bawang. Sempurna deh enaknya. Pakai resep roti yang biasa saya pakai. Karena sudah cocok dengan teksturnya. Walaupun ngulen hanya pakai tenaga lengan..hehe..teksturnya sudah sangat lembut menurut saya. Berikut resepnya..

ROTI GULUNG ABON

Bahan :
250 gr terigu protein tinggi
50 gr gula pasir
5,5 gr ragi instant (1/2 sachet)
1 sdm susu bubuk
2 kuning telur
125 ml susu cair dingin
50 gr butter

Olesan :
1 butir kuning telur, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris halus
Wijen putih secukupnya

Filling:
Mayones
Abon Ikan / ayam / sapi

Cara membuat:
1. Campur  semua bahan, uleni hingga kalis selama kurang lebih 15 menit.
.
2. Bulatkan adonan, diamkan selama 60 menit atau mengembang hingga 2 x lipatnya, tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab.
Setelah 60 menit kempiskan adonan.
.
3. Gilas tipis menjadi bentuk segiempat ukuran 26 x 26 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 26 x 26 x 3 cm (seperti loyang bolu gulung) yang sudah dialas kertas roti. Ratakan. Tusuk tusuk dengan garpu agar saat dipanggang tidak menggelembung.
.
4. Oles permukaannya dengan kuning telur, tabur dengan daun bawang dan wijen.  Panggang hingga matang dan bagian atasnya agak kecoklatan.  Di oven saya suhu 200'C selama 20 menit api bawah ditambah 5 menit api atas.
.
5. Keluarkan dari oven. Balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayones, beri abon. Gulung sambil dipadatkan. Diamkan sebentar. Potong-potong.  Oles masing-masing ujungnya dengan mayones dan beri abon. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar