Jumat, Maret 27, 2015

Pisang Bolen


Pisang Bolen

Walaupun saya kurang suka pisang, tapi yang namanya pisang bolen saya suka sekali, mungkin karena rasa pisangnya sudah samar dengan rasa keju dan coklat yang ada didalamnya, ditambah lagii dengan rasa kulit pastry nya yang lezat.
Bolen kali ini saya buat tanpa korsvet.
Hanya menggunakan teknik lipat dan menggulung beberapa kali, sehingga lapis demi lapis layaknya pastry bisa di dapat.

Resepnya saya ambil dari Masak Bagus milik mba Ita Utomo, berikut resepnya :

PISANG BOLEN

Bahan A:

100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin (saya pakai butter 50 gram dan margarin 25 gram)

Bahan B:

200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
80 ml air
75 gram margarin (saya pakai butter 50 gram dan margarin 25 gr)

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):

1 kuning telur
2 sendok makan susu cair

Bahan Isi:

1 buah pisang tanduk, potong bulat, tidak perlu direbus/dikukus (saya pakai cavendish)

Keju potong kotak atau
Coklat DCC potong kotak (saya pakai choco chips drop)

Cara Pengolahan :

Ambil 1potong pisang. Isi dengan keju/coklat.Tutup lagi dengan pisang.
Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Aduk bahan B sampai setengah elastis.Diamkan 15 menit.
Bagi adonan A menjadi 15 bagian,bulatkan. (Saya bagi menjadi 16 bagian)
 Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan (saya bagi 16 juga)
Giling adonan B memanjang.
Letakkan adonan A di atas adonan B.
Lipat seperti amplop.
Giling tipis adonan memanjang,gulung kemudian tipiskan lagi.
Ulangi sebanyak 2 kali (saya 3 kali)
Lakukan hingga adonan habis.
Diamkan 15 menit.
Giling adonan bolen melebar.
Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit.
Rapikan.
Oles dengan bahan olesan.
Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin.
Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
Keluarkan dari oven. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar