Minggu, Maret 01, 2015

Red Velvet Cake


~ Red Velvet Cake versi kukus ~

Setelah tiga kali mencoba, akhirnya saya berhasil mendapatkan warna red velvet yang saya inginkan, bukan merah menyala tapi cenderung gelap.  Kali ini saya coba membuat versi kukus,  dan menurut saya hasilnya lebih moist daripada yang dipanggang. Resep saya adaptasi dari Just Try and Taste dengan sedikit modifikasi,  berikut resepnya..

Bahan A
- 200 gram bit merah
- 250 ml air

Bahan B:
- 4 butir telur ukuran sedang
- 100 gram susu cair
- 1 buah jeruk lemon, peras airnya

Bahan C:
- 220 gram butter
- 200 gram margarin
- 200 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 1 sendok makan pasta red velvet (saya pakai merk Golden Brown)

Bahan D (ayak jadi satu):
- 400 gram tepung terigu protein rendah
- 35 gram coklat bubuk
- 20 gram susu bubuk
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam

Topping cream cheese:

- 200 gram cream cheese, biarkan cream cheese disuhu ruang agar lembut
- 50 gram butter
- 100 gram gula halus
- 400 gram whipped cream kocok

Cara membuat :
1. Rebus bahan A hingga empuk, blender hingga menjadi bubur, hanya dibutuhkan 70 gram bubur bit untuk dimasukkan ke adonan.
2. Dalam wadah lain, campur bahan B, aduk rata, masukkan bahan A, aduk rata.
3. Mixer bahan C hingga lembut dan mengembang
4. Turunkan kecepatan mixer ke speed yang paling rendah, masukkan  bahan D dan campuran bahan A&B sedikit- sedikit secara bergantian
5. Bagi tiga adonan, tuang ke loyang ukuran 22 x 22 x 4 cm, kukus selama 30 menit
6. Cream Cheese frosting : kocok cream cheese hingga lembut, tambahkan butter dan gula halus, kocok hingga tercampur rata, terakhir masukkan whipped cream kocok, mixer lagi hingga tercampur rata.
7. Tumpuk cake menjadi beberapa lapisan sesuai selera, hias dengan cheese frosting dan beri taburan cake yang diparut halus.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar