Senin, Oktober 26, 2015

Kaki Naga (Ayam + Udang)


Kaki Naga (Ayam + Udang)

Sudah pada tahu Kaki Naga kan? Bingung juga ya kenapa harus dinamakan kaki naga, tapi yang jelas ini adalah salah satu jenis frozen food yang banyak dijual di swalayan, dan biasanya anak anak suka, begitu juga anak saya. Jadi daripada beli yang sudah pasti  tidak baik untuk kesehatan anak, lebih baik kita buat sendiri. Mirip nugget sih sebenarnya, bedanya yang ini menggunakan tangkai, bisa pakai tusuk sate yang pendek atau stick es krim juga bisa. Adonannya agak lebih padat karena harus dibentuk lebih dahulu sebelum dikukus, sementara nugget dikukus dulu agar lebih padat baru dibentuk sesuai selera.
Resepnya saya ambil dari blognya mba Diah Didi Kitchen cuma ikan tenggirinya saya ganti dengan ayam dan udang. Terima kasih resepnya mba Diah....

Berikut resepnya..

KAKI NAGA (AYAM + UDANG)

Bahan :

250 gram fillet ikan tenggiri (saya pakai daging ayam), haluskan
50 gram udang kupas , haluskan
100 gram tepung sagu
50 gram tepung panir halus (saya pakai 25 gram)
2 butir putih telur (saya pakai putih+kuning)
2 siung bawang putih, haluskan
2 sendok teh gula pasir
Garam dan merica secukupnya

Bahan Pelapis :
putih telur 1- 2 butir,kocok lepas
Tepung panir secukupnya

Cara Membuat :

Aduk daging ayam dan udang yang sudah dihaluskan serta bawang putih halus, garam ,merica,  gula, dan telur, aduk dan uleni hingga lembut (saya haluskan semuanya dengan food processor)

Masukkan tepung sagu dan tepung panir, aduk rata perlahan dan jangan di uleni lagi.

Koreksi rasa, dengan menggoreng sedikit adonan. Jika sudah pas rasanya, ambil sedikit adonan , lalu lilitkan di stick bambu dan bentuk seperti pentul. Adonan agak sedikit lengket, oles telapak tangan dengan sedikit minyak agar adonan mudah dibentuk dan tidak lengket ditangan.

Celupkan ke putih telur, dan gulingkan ke tepung panir. Kukus selama 15 - 20  menit di api sedang hingga matang. Dinginkan. Siap di kemas dan di simpan di freezer..atau bisa langsung di goreng dan di konsumsi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar