Senin, Oktober 12, 2015

Strawberry Cream Cheesecake



Ini gegara lihat postingan Icha  tadi malam, ngiler dan akhirnya langsung ke dapur dan eksekusi. Resep asli sebenarnya STRAWBERRY RICOTTA CHEESECAKE nya Savitry 'Icha' Khairunnisa , sahabat masa kecil saya sekaligus pemilik fan page Home Food Recipes di facebook dan  penulis beberapa buku resep masakan. Makasih resepnya ya Icha....

Ricotta cheese nya saya ganti dengan cream cheese berhubung di rumah sedang tidak ada ricotta cheese. Rasanya mungkin berbeda sedikit, tapi ga masalah lah yaa...next kalau sudah ada ricotta kita buat lagi sesuai resep.

Berikut Resepnya...

STRAWBERRY CREAM CHEESECAKE

Untuk 10 - 12 potong

Bahan :
140 gram strawberry, cuci bersih
150 gram mentega tawar, suhu ruang
150 gram gula pasir
5 kuning telur
5 putih telur
150 gram ricotta cheese ( saya ganti dengan cream cheese)
50 gram tepung terigu

Cara membuat :

Panaskan oven 180 celcius. Alasi loyang bongkar pasang diameter 20 cm dengan kertas roti. Belah strawberry jadi dua, sisihkan.

Kocok mentega dan 115 gram gula pasir sampai lembut. Tambahkan kuning telur, cream cheese dan tepung terigu sambil terus dikocok sampai lembut, halus dan tercampur rata, sisihkan.

Kocok putih telur di wadah terpisah sampai terbentuk stiff peak (kaku). Tambahkan sisa gula pasir. Kocok lagi sebentar hingga gula larut.

Masukkan 1/4 bagian putih telur yang sudah dikocok kaku ke dalam adonan. Aduk rata perlahan dengan menggunakan spatula.  Masukkan sisa putih telur seluruhnya ke dalam adonan dan aduk pelan hingga tercampur rata.

Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang dalam oven selama 5 menit (saya 10 menit). Keluarkan loyang dari oven. Segera atur potongan strawberry diatas adonan lalu masukkan kembali ke dalam oven dan panggang selama 40 menit sampai cake naik dan matang.

Biarkan cake dingin dalam loyang pada suhu ruang. Keluarkan cake dengan hati hati dari loyang setelah betul betul dingin. Cake siap dipotong dan dihidangkan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar