Minggu, April 08, 2018

Bolu Sakura


Bismillah..
Salah satu kue yang termasuk Jajanan Pasar  favorit saya, bolu kukus  dengan wangi dan rasa khas karamel yang enak. Biasa bikin warnanya bisa coklat cantik, sekali ini warnanya kok  pucat 😂. Gak apa apa ya..yang penting enak..😊
Masih pakai resepnya mba @rickeindriani_ordinarykitchen , terimakasih resepnya mba Ricke. Santai sore sambil menikmati Bolu Sakura dan  Teh Telang hangat..alhamdulillah nikmat..
.

BOLU SAKURA
Source : @rickeindriani_ordinarykitchen

Bahan:
2 butir telur
125 gr gula pasir (saya 100 gr)
1/2 sdt vanilla
200 gr terigu protein sedang
25 gr maizena
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue (tidak pakai)
75 gr margarin, lelehkan

Sirup karamel:
125 gr gula pasir
250 ml air panas

1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di dalam panci dengan api kecil  hingga gula terlihat kuning kecokelatan. Jaga jangan sampai gula menjadi hangus/terlalu coklat karena akan pahit. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga air habis. Masak hingga mendidih dan seluruh gula larut. Angkat dan dinginkan.

2. Panaskan kukusan dengan api sedang, bila menggunakan dandang bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi cetakan bolu sakura dengan margarin. Sisihkan.

3. Campur dan ayak tepung terigu, maizena, baking powder. Sisihkan.

4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan pucat. Masukkan vanilla. Masukkan secara bertahap sirup karamel yg telah dingin sambil dikocok dengan kecepatan rendah.

5. Masukkan campuran tepung bertahap dan aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.

6. Masukkan margarin cair dan aduk dengan spatula hingga rata dan homogen.

7. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh. Kukus selama 15-20 menit hingga matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Sajikan.

Note: Hati-hati ketika menuang air ke karamel panas karena akan memercik. Gunakan air panas untuk mengurangi percikan dan pakai sarung tangan dapur/hand gloves bila perlu untuk melindungi tangan dari percikan.
.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar