Minggu, November 04, 2018

Bakso Daging Sapi


Bismillah..
Rata-rata masyarakat Indonesia suka bakso ya. Makanan tradisional khas Indonesia ini digemari semua kalangan. Alangkah baiknya, untuk keluarga kita buat bakso sendiri ya moms...pasti lebih sehat karena kita tau bahan-bahan di dalamnya. Dan pasti hanya bahan-bahan berkualitas baik yang akan kita sajikan untuk keluarga tercinta.

Resep baksonya saya pakai resep mba @rickeindriani_ordinarykitchen , takaran bahan saya sesuaikan dengan jumlah daging yang ada. Penggunaan agar-agar bubuk untuk baksonya nyontek resep baksonya mba @icha.irawan . Terima kasih resepnya ya mba Ricke dan mba Icha..barakallah...baksonya enak dan kenyal sempurna alhamdulillah.. .

BAKSO DAGING SAPI
Untuk 1 kg pentol bakso (65 bh)

Bahan :
600 gr daging sapi tanpa lemak/otot
2 sdm bawang putih goreng
2 sdm bawang merah goreng
250 gr es batu (bagi 2 bagian)
3 sdt garam
1 putih telur (saya pakai putih telur bebek)
125 gr tepung sagu tani/tapioka
2 sdt merica bubuk
1/2 sdt baking powder
1 sdm agar-agar bubuk

Cara membuat :
1. Cuci bersih daging, potong-potong kecil, masukkan ke dalam food processor, tambahkan bawang putih goreng, bawang merah goreng dan sebagian es batu. Giling hingga daging benar-benar halus.
2. Tambahkan garam, putih telur, tepung sagu tani, merica bubuk, baking powder, agar-agar bubuk dan sisa es batu. Giling lagi hingga halus dan tercampur rata.
3. Bentuk bulatan bakso, masukkan ke dalam air panas ( bukan air mendidih ya ). Setelah semua selesai, baru didihkan sampai bakso mengapung, segera angkat dan langsung masukkan bakso ke dalam air es. Jangan terlalu lama merebus bakso.
.

KUAH BAKSO
Rebus tulang kaki sapi, tambahkan tumisan bawang putih geprek dan bawang merah, tambahkan merica dan garam secukupnya. Masak hingga matang. Koreksi rasa. Masukkan bakso. Untuk pelengkap bisa tambahkan soun. Beri taburan bawang merah goreng, daun bawang iris halus, dan saos sambal jika suka. Selamat ngebakso...











Tidak ada komentar:

Posting Komentar