Minggu, November 04, 2018

Sus Bunga Isi Vla Fiber Cream


Bismillah..
Setelah kemarin pakai FiberCreme untuk menggantikan santan, kali ini saya pakai FiberCreme untuk menggantikan susu pada vla kue sus ini.
Ini kue sus biasa, cuma bentuknya saja yang berbeda, dibikin bentuk bunga. Diisi vla Fiber Creme, diberi potongan strawberry dan whip cream coklat. Alhamdulillah enak.  Rasa vla tetap sama seperti yang pakai susu. Malah lebih enak menurut anak saya..hehe..😊

SUS BUNGA ISI VLA FIBER CREME
untuk 6 bh sus bentuk bunga

KUE SUS
Bahan :
250 ml air
125 gram margarin
1/2 sendok teh garam
150 gram tepung terigu protein tinggi , pakai yang protein sedang juga bisa
4 butir telur

Cara membuat :
1. Rebus air, margarin, dan garam sampai mendidih, masukkan terigu, aduk cepat hingga adonan rata dan tidak lengket di dasar panci, angkat dan biarkan uap panasnya hilang.

2. Setelah agak dingin, masukkan telur satu persatu, aduk hingga rata.  Supaya lebih rata boleh di mixer sebentar.
Masukkan adonan ke dalam piping bag.

3. Spuitkan seperti bentuk bunga di loyang yang sudah dialas kertas roti,  gunakan spuit bintang yang besar. Panggang dengan api besar sampai buih buih kecil dipermukaan kue hilang dan berwarna kecoklatan. Saya pakai oven listrik suhu 180°C selama 50 menit. Sesuaikan dengan oven masing masing ya.  Jangan buka pintu oven sebelum kue benar benar matang dan kering.

VLA FIBER CREME

Bahan :
5 sdm FiberCreme
250 ml  air  hangat
2 sdm  tepung maizena
1 butir  kuning telur
Garam secukupnya
3 sdm  gula pasir
1 sdm margarin

Cara membuat :
1. Larutkan FiberCreme dengan air hangat. Ambil tepung maizena, larutkan maizena dengan sebagian larutan FiberCreme tadi, tambahkan kuning telur dan garam. Aduk rata, sisihkan.

2. Rebus sisa larutan FiberCreme dan gula, tuang larutan maizena dan kuning telur, masak hingga meletup letup. Matikan api. Segera tambahkan margarin. Aduk hingga rata dan margarin meleleh.  Aduk terus sampai uap panasnya hilang.

3. Belah dua kue sus bunga, oles dengan vla FiberCreme, beri potongan strawberry diatasnya. Tambahkan whipcream coklat, lalu tangkupkan kulit sus bagian atas.
Sus Bunga Vla Fiber Creme siap disajikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar