Minggu, November 04, 2018

Tiramisu Crepe Cake


Bismillah...
Bikin Tiramisu Crepe Cake, requestnya anak gadis. Lumayan ribet bikinnya, tapi sesuai dengan hasilnya yang luar biasa enak. Alhamdulillah. Untuk Tiramisu Moussenya pakai resep mba @rickeindriani_ordinarykitchen
Selamat mencoba..

TIRAMISU CREPE CAKE

Crepe
Bahan :
4 butir telur
350 ml susu cair
150 ml air
250 gr terigu
50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
30 gr margarin, lelehkan

Tiramisu Mousse
Source : @rickeindriani_ordinarykitchen

250 gr mascarpone cheese
2 sdm coffee syrup
1 resep  custard
250 ml whipping cream cair sangat dingin
50 gr gula pasir
1 sdt vanilla
Coklat bubuk

English Custard
250 ml susu cair
25 gr gula pasir
3 kuning telur
15 gr maizena
25 gr butter
1 sdt vanilla

Coffee Syrup :
250 ml air panas
1 sdm kopi espresso
1 sdm gula pasir

Cara membuat :
1. Crepe :
Kocok telur hingga berbusa, masukkan semua bahan lainnya. Kocok dengan mixer hingga tercampur rata, saring. Siapkan pan dadar,  buat dadar tipis hingga semua adonan habis.

2. Custard
Dalam mangkuk campur kuning telur, maizena dan 50 ml susu cair. Aduk rata sampai tidak bergerindil. Sisihkan.

3. Dalam panci, panaskan 200 ml susu cair dan gula pasir dengan api sedang sampai mendidih bergelembung halus dipinggiran panci. Matikan api.

4. Tuang perlahan 1/3 susu panas ke campuran kuning telur tadi sambil diaduk cepat dengan handwhisk. Tuang susu perlahan aduk dengan cepat ke dalam adonan telur sampai habis.

5. Tuang kembali adonan susu ke panci, masak hingga mengental. Matikan api. Angkat. Panas-panas masukkan butter dan vanilla. Aduk terus sampai licin. Tutup dengan plastik wrap hingga menyentuh permukaan custard. Simpan di kulkas hingga dingin.

6. Campur mascarpone cheese, 2 sdm coffee syrup dan custard yang telah dingin. Aduk hingga rata dengan handwhisk hingga tidak bergerindil.

7. Kocok whipping cream cair, vanilla dan gula pasir hingga mengembang dan lembut. Campurkan ke adonan mascarpone. Aduk balik hingga rata.

8. Ambil selembar crepe, oles tiramisu mousse. Tumpuk lagi dengan crepe. Lakukan hingga semua crepe habis. Hias bagian atasnya, beri taburan coklat bubuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar