Minggu, Desember 27, 2015

Fruit Flan




FRUIT FLAN (PIE BUAH)

- Kulit Pie manis
- Coklat dark leleh
- Vla
- Aneka buah

Bahan Kulit Pie :

250 gram tepung terigu
125 gram mentega asin / margarin dingin
1 sendok makan (15 gram) susu bubuk
75 gram gula pasir halus
3 gram garam
2 kuning telur
1 putih telur

Cara membuat :

Ayak tepung di atas permukaan yang datar. Buat lubang ditengahnya lalu masukkan mentega/margarin yang telah dipotong potong bentuk kotak kecil.

Aduk tepung, susu dan mentega sambil diremas remas perlahan dengan jari sampai menjadi adonan pasir (membentuk remahan seperti pasir). Mengaduk bisa lebih cepat dengan menggunakan pastry cutter atau food processor.

Campur gula dan telur (tak perlu larut), masukkan ke dalam adonan,  aduk sebentar hingga rata dan halus (tidak kalis).

Bulatkan adonan dan bungkus dengan plastic wrap, diamkan 30 menit di lemari es. Siap dipergunakan setiap saat.

Panaskan oven hingga 170 derajat celcius.
Keluarkan adonan dari lemari es, tunggu sampai adonan mencapai suhu ruang.

Gilas adonan di antara dua lembar kertas roti hingga setebal 3mm sebesar ukuran cetakan.
Lepaskan kertas roti bagian atas, balikkan adonan de dalam Loyang, hingga adonan menutupi seluruh bagian Loyang.

Tusuk tusuk dengan sendok garpu. Tutup permukaan dengan kertas roti, isi dengan kacang merah sebagai pemberat agar tidak turun pinggirnya.

Panggang selama ¾ matang (atau 10 menit), keluarkan kertas dan pemberatnya. Panggang lagi hingga permukaan pie kecoklatan dan matang (5 menit) Dinginkan.

Filling – Vla

500 ml susu cair
100 gram gula
3 kuning telur – dikocok lepas
50 gram maizena
Sedikit garam
1 sendok teh vanilla
1 sendok makan (14 gr ) mentega

Cara membuat :

Masak susu, gula, maizena, tepung dan garam sampai hangat, ambil sedikit adonan susu masukkan ke adonan kuning telur aduk rata, kemudian masukkan ke adonan susu lagi.

Aduk terus sampai adonan mulai mengental, aduk makin cepat tidak terputus hingga mengental. Kalau sudah meletup letup, tetap aduk sampai 1-2 menit, matikan api, masukkan mentega. Aduk terus hingga mentega leleh dan larut.

Pindahkan ke wadah lain, dinginkan sambal diaduk (biar adonan tidak berkulit), sampai adonan hangat kuku baru masukkan vanilla . Vla siap digunakan.

PENYELESAIAN:

Setelah kulit pie dingin, olesi seluruh bagian permukaan pie dengan cokelat leleh. Biarkan mengeras, lalu tuang adonan filing ke dalamnya.

Sebelum disajikan, susun buah-buahan diatasnya. Agar mengkilap, olesi permukaan buah dengan jelly instan atau selai apricot yang disaring.

NOTE :

Menggilas adonan sebaiknya dilakukan dari tengah ke luar. Jangan menggilas mondar-mandir dari tengah ke atas lalu dari atas ke tengah misalnya. Adonan akan kurang bagus jadinya.

Jangan Tarik-tarik adonan waktu memindahkan lembaran adonan ke dalam loyang pie. Kulit pie akan mengerut waktu dipanggang. Agar lembaran adonan menempel, tekan-tekan dengan sedikit sisa adonan.

Source : @chennies_kitchen








Tidak ada komentar:

Posting Komentar