Minggu, Juni 26, 2016

Gyoza


Lihat Gyoza berseliweran di IG jadi tertarik pengen bikin juga.  Ketemu resep di blog Hesti's Kitchen yang menggunakan kulit pangsit homemade. Memang agak sedikit ribet sih, tapi puas dengan hasilnya yang super duper enak. Berikut resepnya :
.
GYOZA
Source : blog Hesti's Kitchen

Bahan kulit :
250 gr tepung terigu
1 sdm tepung tapioka
150 ml air panas mendidih
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Bahan isian : (campur semua bahan ini, aduk rata)
250 gr fillet dada ayam, cincang
250 gr udang kupas, cincang
5 siung bawang putih, ulek
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 buah wortel serut (tidak pakai)
3 sdm tepung tapioka/sagu
1/2 buah bawang bombay, iris dadu kecil
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jahe parut
1 sdm  minyak wijen
1 sdm  saus tiram
garam secukupnya

Cara membuat : .
1. Siapkan mangkok/wadah, masukkan tepung terigu+tapioka+garam halus di dalamnya. Lubangi bagian tengah tepung, tuangkan minyak goreng.
.
2. Siramkan air panas kedalam lubang ditengah2 tepung. Aduk dengan cepat campuran tepung agar bercampur dengan air panas menggunakan sendok kayu hingga menjadi gumpalan adonan. Kemudian uleni adonan agar cukup kalis. Bila dirasa masih kurang air panasnya boleh ditambah sedikit sedikit aja sambil diuleni hingga kalis. (Jadi untuk jumlah air panas yang disiramkan tergantung kadar kekeringan tepung yang digunakan, kebetulan untuk resep saya cukup dengan air panas 130 ml).
.
3. Diamkan adonan agar beristirahat dan lentur selama kurang lebih 15-20 menit.
.
4. Giling adonan kulit pangsit dengan menggunakan pasta maker/gilingan mie. Tipiskan dari tingkat ketebalan no.1 hingga ketebalan no.5 atau no.6 (saya pakai ketebalan no.5). Potong bulat dengan diameter 10 cm. Taburi lembaran kulit pangsit dengan tepung terigu agar tidak lengket.
.
5. Setelah selesai kulitnya bisa diisi filling satu per satu lalu ditangkupkan dan dilipit lipit satu bagian sisinya.Panaskan pan dengan sedikit minyak. Masukkan gyoza secukupnya. Panggang dengan api sedang sampai bawahnya kecokelatan. Tambah setengah cangkir air. Masak sambil ditutup sampai air habis. Angkat. Sajikan hangat.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar