Sabtu, Juni 25, 2016

Jelly Art Puding


JELLY ART PUDDING
Recipe: Niken Indriati

🌸
Bahan A :
15 gr Jelly instant plain
10 sdm gula pasir
700 ml air
1 sdt essence vanilla (saya tidak pakai)
🌸
Bahan B :
1 sdt agar bubuk plain
1 sdt jelly instan plain
600 ml susu cair
4 sdm gula pasir
food colouring (saya pakai fruit pasta Golden Brown)
🌸
Bahan C : (optional)
Jelly secukupnya untuk menutup dasar puding
🌸
Alat perlengkapan :
Jarum suntikan isi 10 ml 3 set, mangkok bening  4 buah
🌸
Cara membuat :
1. Rebus bahan A hingga mendidih. Angkat. Tuang dalam mangkok bening. Dinginkan. 🌸
2. Rebus bahan B hingga mendidih, angkat, bagi sesuai warna yg diinginkan. PUTIK : Pertama, membuat putik ditengah tengah mangkok dengan jarum suntikan (biasanya kuning, orange atau coklat ). Sedot dgn jarum suntik, terus suntik ditengah dalam-dalam, tekan turun naik, jarumnya jangan sampai menyentuh mangkok ( bisa bocor keluar warnanya ). Setelah selesai membuat putik, bersihkan suntikan untuk menyedot warna lain.

KELOPAK BUNGA : dengan menyuntikkan ke samping sekitar putik, suntikan melebar kesamping ( kalau putik turun naik )

DAUN : setelah kelopak sudah siap, giliran membuat daunnya dgn cara menyedot warna yg hijau, setelah itu, suntik ke samping sekitar kelopak bunga, suntikkan zig zag ( kiri kanan ) melebar
🌸
3. (optional) -Masak bahan C apabila ingin membuat dasar puding dengan warna yg lain ( gunanya menutupi lubang lubang bekas suntikan atau sendok. Alasan tidak buat karena takut warnanya masuk bercampur dengan warna bunga yang telah dibuat sebelumnya.
🌸
4. Diamkan sampai dingin dan mengeras, masukkan ke dalam kulkas . Lepaskan puding dari mangkok setelah benar-bener dingin. Sajikan

NOTES: Mangkuk yang sudah diisi puding bahan B harus direndam air panas (au bain marie) bawahnya, supaya tidak cepat mengeras. Jika tidak, nanti susah suntiknya , dengan kata lain gampang tersumbat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar