Sabtu, Oktober 18, 2014

Banana Cotton Cake


~ Banana Cotton Cake ~

Cake pisang yang ringan dan lembut ini kabarnya berasal dari Jepang, bagi saya yang sebenarnya ga suka makan pisang....cake ini benar-benar enak dan lembut, tidak seperti cake pisang lain yang pernah saya coba. Cetakannya juga harus khusus seperti bentuk pisang, nah..proses pencarian cetakan ini yang luar biasa hehe...karena udah keluar masuk beberapa TBK, hanya disatu tempat yang ada. alhamdulillah akhirnya kesampaian juga niat pengen bikin banana cotton cake ini, yang begitu fenomenal beberapa bulan yang lalu...

saya pakai resep si mpu nya resep Banana Cotton Cake, Ny. Liem..dengan sedikit modifikasi..
berikut resepnya..:

Bahan A :
250 gr putih telur (kira-kira 7 putih telur)
125 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tartar (saya tidak pakai)

Bahan B :
150 gr pisang ambon matang, potong-potong kecil (saya lumatkan)
50 gr gula pasir
1 butir telur
7 kuning telur
1/4 sdt garam
3 gr Ny. Liem pisang ambon essense (saya pakai 2 tetes banana essence biasa)

Bahan C :
50 gr margarine, lelehkan
50 gr susu UHT (saya pakai ultra milk)

Bahan D :
150 gr tepung zircon / protein rendah  (saya pakai kunci biru)
1/4 sdt soda kue

Bahan E (pelapis) :
banana coklat elmer, lelehkan (saya pakai mercolade kuning)
dcc /dark cooking chocolate (saya pakai mercolade coklat dark)

Cara Membuat :
1. Kocok bahan A hingga mengembang kaku, sisihkan
2. Kocok bahan B hingga mengembang  (jangan sampai terlalu pucat warnanya), matikan mixer
3. Masukkan bahan D, aduk rata
4. Masukkan bahan C, aduk rata
5. Masukkan bahan A, aduk hingga rata
6. Tuang adonan ke cetakan pisang yang telah dioles margarine
7. Panggang dengan cara Au Bain Marie atau waterbath (proses pemanggangan dimana loyang berisi adonan diletakkan diatas wadah lain yang berisi air panas) kurang lebih 45 menit, angkat, dinginkan.
8. Siram dengan bahan E, dinginkan sampai mengeras. Beri dcc (gunakan kuas untuk efek kecoklatan menyerupai buah pisang asli)


putih telur yang sudah dikocok kaku



putih telur kaku yang dimasukkan kedalam adonan



tekstur adonan agak cair



tuang ke cetakan pisang, siap dipanggang



setelah selesai dipanggang


berhubung cuma punya cetakan pisang satu set (5 pcs), dan adonan tidak mungkin menunggu untuk di oven selama 45 menit lagi, maka sisa adonan yang banyak (banyakan sisanya hehe..:D) saya panggang diloyang loaf ukuran 20 x 10 x 5 cm, dan hasilnya seperti dibawah ini....tekstur cake benar-benar lembut dengan aroma pisang yang tidak terlalu tajam...hhmmm...........psssttt......ternyata enak banget...:D





happy baking.....:)

Enjoy your weekend....

15 komentar:

  1. Mau tanya say. Wkt pakai loaf dikasih air juga nggak bwhnya? Beda pakai air dng tdk hslnya gmn say? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mba telat banget reply nya...waktu manggang pake loaf saya panggang biasa aja, ga pake air lagi, hasilnya memang berbeda, lebih lembut yang pakai metode aubain marie mba...

      Hapus
  2. Hallo mba..mau tny ini dipanggang di oven suhu brp ya mba? Lalu pakai api atas bawah? Trims mba..
    -agnes-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telat reply ya mba, di oven saya suhu 200 derajat celcius, pake api bawah dulu, kira kira udah mateng (tes tusuk) baru saya pake api atas 5 menit aja

      Hapus
  3. Balasan
    1. Maaf ya mba..telat reply nya, cetakannya saya dapat di tbk mba

      Hapus
    2. Mba elsa,itu pke cetakan ukran brp yaa,dan se ukuran apa gtu. Sya mau bli tkut kebesaran dan tkut kekecilan..😊😊

      Hapus
    3. Mba elsa,itu pke cetakan ukran brp yaa,dan se ukuran apa gtu. Sya mau bli tkut kebesaran dan tkut kekecilan..😊😊

      Hapus
  4. mba, ini cake nya gak lengket di cetakannya ya walau pake au bain marie manggangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga lengket mba karena cetakannya udah dioles dengan margarin terlebih dahulu

      Hapus
  5. Mb,,,sisa adonan gak bisa ngantri ? Hrs dioven sekaligus gitu ya mb? Klopun pnya bnyak cetakan klo ovennya gk muat solusinya gmn mb? Tks sharing ilmunya,,,,@yuli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya adonan ga bisa ngantri mba, tekstur adonan agak cair, khawatir bakal bantat kalo harus ngantri,,menurut saya solusinya bikin setengah adonan aja, supaya bisa masuk semua ke oven sekaligus

      Hapus
  6. Kira2 satu adonan itu jadi berapa potong mbak?

    BalasHapus
  7. salam kalau saya mau kirim belikan acuan pisang tu boleh ke

    BalasHapus