Minggu, Oktober 26, 2014

Sus Kering Keju


~ Sus Kering Keju ~

lagi santai kok kepikiran ya pengen makan sus kering, kue yang saya kenal sejak kecil-kecil dulu, saya ingat kue ini dulu belum ada yang jual di Dumai (satu kota kecil di Prov. Riau tempat saya lahir dan dibesarkan)...bisa makan ini ya kalau lagi jalan-jalan ke ibukota atau dapat oleh-oleh..hehe..sedih yaa..tapi lama kelamaan muncul juga yang jualan kue ini di Dumai. Sejak pertama makan langsung jatuh cinta karena rasa gurihnya yang ga bosenin, cocok buat dimakan kapan aja.
Memang kue ini banyak dijual dimana-mana sekarang, tapi ga ada salahnya kalau kita bikin sendiri kan, bahkan lebih enak loh rasanya, bikinnya sebentar dan ga rumit, siapa aja insya allah bisa bikin nih.....cara dan bahannya persis seperti membuat kue sus biasa, tapi ini dibuat lebih kering aja permukaannya, trik cara memanggang juga sama, oven jangan dibuka-buka sebelum gelembung busa margarine dipermukaan sus benar-benar hilang dan mengering, karena sama juga seperti sus biasa, kalau oven belum saatnya dibuka, maka sus akan segera kempes...

berikut resepnya :untuk 300 gram

bahan :
200 ml air
100 gram margarine
150 gram terigu, campur dengan 1 sendok teh baking powder
4 butir telur
50 gram keju cheddar parut

cara membuat :
1. Masak air bersama margarine hingga leleh. masukkan terigu sekaligus, aduk hingga adonan rata, angkat dan biarkan agar dingin.
2. Masukkan telur satu persatu sambil aduk dengan pengaduk kayu hingga adonan licin. Tambahkan keju parut, aduk rata.
3, Masukkan adonan kedalam kantong spuit, semprotkan dengan bentuk sesuai selera keatas loyang datar beroles margarine, saya buat bentuk kerang dengan spuit wilton no.195
4. Panggang dalam oven 200 'C selama 20 menit dengan ai bawah hingga keemasan, kecilkan api atau turunkan suhu, lanjutkan memanggang dengan api kecil, bisa ditambah dengan api atas apabila permukaan sus belum mengering, setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam wadah bertutup rapat.





happy baking...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar