Senin, Desember 05, 2016

Chiffon Cake


Bismillah..
Ga pernah bosan rasanya menikmati cake lembut dan ringan chiffon cake. Walaupun butuh waktu lumayan lama dalam proses pemanggangan, tapi sebanding dengan hasilnya.  Proses mendinginkan chiffon ini juga unik, yaitu membalikkan loyang agar cake tidak kempes setelah dipanggang. Biarkan hingga benar-benar dingin. Baru setelah itu dikeluarkan perlahan dari loyang dengan bantuan pisau. Masih selalu setia dengan resep chiffon cake sahabat saya @dorisgoz , resepnya simpel, tapi hasilnya sangat lembut dan enak. Berikut resepnya .

CHIFFON CAKE
Source : Rainbow Chiffon Cake blog Tested & Tasted by @dorisgoz

Bahan :
Adonan kuning telur :
6 kuning telur
50 gr gula pasir
4 sdm minyak
60 ml susu cair
½ sdt vanili esens (saya tidak pakai)
110 gr terigu protein rendah
1/2 sendok teh baking powder

Adonan Putih Telur :
6 putih telur
¼ sdt Cream of tartar (saya tidak pakai)
70 gr gula pasir
Warna:
Beberapa tetes pasta green tea (saya pakai pasta green tea Toffieco)
Beberapa tetes pasta coklat

Cara membuat :
1. Panaskan oven sampai 170 C . (Di oven saya 160 C)
.
2. Adonan kuning telur : Campurkan kuning telur , gula, minyak , susu dan esens vanila dalam mangkuk . Aduk rata dengan menggunakan hand whisk. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. Sisihkan.
.
3. Adonan putih telur : Kocok putih telur sampai berbusa , secara bertahap tambahkan gula , aduk dengan kecepatan tinggi sampai kaku.
.
4. Tuang 1/3 bagian adonan putih telur kedalam adonan kuning telur. Aduk rata. Tuang lagi sisa adonan putih telur, aduk hingga benar-benar rata dan halus.
.
5. Bagi adonan menjadi 3 bagian . Tambahkan green tea pasta pada satu bagian adonan, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan pasta coklat pada satu bagian adonan, aduk rata.
.
6. Tuang adonan coklat, hijau dan putih bergantian ke dalam loyang chiffon ukuran 20 cm yang telah dipanaskan 10 menit sebelumnya dan tidak di oles margarin.
.
7. Panggang hingga matang. Di oven saya 60 menit api bawah ditambah 10 menit api atas.
.
8. Keluarkan dari oven. Segera balikkan loyang ditempat datar hingga cake benar-benar dingin. Setelah dingin keluarkan cake dari loyang. Siap disajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar