Sabtu, Desember 31, 2016

Tahu Gejrot


Bismillah...
Walaupun tinggal di Sumatera, tapi saya sangat menyukai kuliner dari daerah Jawa Barat yang satu ini. Saat ke Bandung beberapa tahun lalu, saya sempat mencoba langsung jajanan Tahu Gejrot ini. Khas sekali.
Bahan utamanya  tahu digoreng dan dipotong-potong. Harusnya tahu Sumedang ya, berhubung tidak ada dan susah mencarinya disini, pakai tahu yang ada saja. Disiram dengan kuah gula merah, asam jawa, garam, dicampur dengan cabe rawit hijau, cabe merah, bawang merah dan bawang putih yang di ulek kasar. Simpel..nikmat..Saya coba tulis resepnya ya, tapi ini ala saya, sesuai selera saya..hehe..

TAHU GEJROT

Bahan :
2 buah tahu putih
10 buah cabe rawit hijau
1 buah cabe merah
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih100 gram gula merah
100 ml air
50 gr gula merah
1 sdm air asam jawa
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Goreng tahu, potong-potong. Sisihkan.

2. Ulek kasar cabe rawit, cabe merah, bawang merah dan bawang putih.

3. Rebus air, gula merah, asam jawa, dan garam, saring. Tuang  ke ulekan cabe. Aduk rata.

4. Siramkan kuah diatas tahu. Tahu gejrot siap disajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar