Selasa, Desember 20, 2016

Opera Cake


Bismillah..
Sudah lamaa sekali saya memendam keinginan  eksekusi cake yang satu ini. Tapi setiap membaca resep, yang langkah-langkahnya banyak banget,  langsung mundur teratur deh...kebayang ribetnya.
Nah kali ini mau tidak mau memang harus bikin juga, karena ini salah satu PR wajib bulanan dari salah satu grup  baking yang saya ikuti di Instagram. Bersyukur karena dapat resep yang benar-benar ok, hasil cake nya juga sangat enak dan istimewa sekali. Alhamdulillah, berhasil juga akhirnya, walaupun sebenarnya saya belum begitu puas dengan hasilnya, karena cake saya tiap layernya masih terlalu tebal. Mungkin lebih bagus hasilnya kalau dibelah dua lagi masing-masingnya agar lebih tipis. Dan lagi karena saya menggunakan loyang sekat yang ukurannya lebih kecil dari yang seharusnya, sehingga hasilnya lebih tebal. Sebaiknya bila ingin membuat Opera Cake ini, gunakan loyang sesuai petunjuk diresep. Semoga eksekusi Opera Cake selanjutnya hasilnya  bisa  lebih bagus .
Resepnya dari salah satu teman baik saya @imeliciouz1085, terima kasih untuk resep ok nya ya Imel, yang berminat berikut resepnya...

Ada 6 elemen untuk membuat Opera Cake
1. Jaconde (cake dari tepung almond)
2. Coffee butter cream
3. Chocolate Ganache
4. Chocolate coating for chablon
5. Coffee syrup
6. Chocolate glaze opera

OPERA CAKE
Source : @imeliciouz1085

1. Jaconde (Almond Spongecake)

Meringue
135 gr putih telur
½ sdt cream of tartar (saya tidak pakai)
45 gr gula kastor

Almond
200 gr tepung almond
70 gr tepung protein sedang
225 gr telur utuh (5 butir)
200 gr gula kastor/gula halus
35 gr unsalted butter leleh

Cara:
• Kocok telur dan gula sampai mengembang kental berpita, aduk balik dengan campuran tepung almond dan terigu dibagi dalam 3 bagian hingga rata. Lanjutkan dengan mencampur butter leleh. Setelah rata, sisihkan.

• Kocok putih telur sampai berbusa lalu masukkan cream of tartar (bila pakai), setelah larut masukkan gula sedikit-sedikit menjadi 3 bagian sampai stiff peak.

• Campurkan ⅓ adonan putih telur ke adonan almond, aduk balik sampai rata. Aduk sisanya sampai rata.

• Tuang ke loyang ukuran 20x20cm (6buah) atau 30x40cm (2buah) yang dialasi kertas roti yang telah diolesi margarin. Ratakan dan hentakkan untuk menghilangkan gelembung udara lalu panggang di suhu 200℃ selama 7-10 menit sesuaikan dengan oven masing-masing, bisa menggunakan termometer oven. Jangan terlalu lama karena bisa mengeras.

• Setelah matang keluarkan dari rak dan dinginkan

2. Coffee Buttercream (Crème Anglaise Style)

150 ml susu full cream UHT
50 gr gula pasir
60 gr kuning telur (3 butir)
50 gr gula pasir
30 gr kopi instan dilarutkan dengan 30ml air panas (saya campur dengan luwak white coffee 3 in 1)
165 gr unsalted butter suhu ruangan

Cara:
• Aduk kuning telur dan gula hingga rata.

• Rebus susu dan gula sampai larut, lalu tuang perlahan ke campuran kutel sambil diaduk rata.

• Masak kembali custard sampai sedikit berbuih di pinggir panci, jangan sampai mendidih karena dapat menggumpal. Biarkan dingin ke suhu ruangan

• Tambahkan larutan kopi ke adonan custard, aduk rata lalu masukkan butter sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang lembut.

3. Chocolate Ganache

225 gr coklat couverture atau dark cooking chocolate
165 gr whipcream cair
45 ml madu atau sirup jagung atau 35ml simple syrup
45 gr unsalted butter suhu ruangan

Cara:
• Hangatkan whipcream sampai sedikit berbuih, matikan api. Masukkan coklat cincang lalu aduk perlahan sampai rata. Tambahkan bahan lain, aduk rata dan dinginkan hingga memadat seperti tekstur buttercream

4. Chocolate Coating for Chablon

40 gr dark cooking chocolate
4 ml minyak sayur

Cara: lelehkan coklat lalu campurkan dengan minyak. Aduk rata

5. Coffee Syrup

200 ml air panas
30 gr kopi instan (saya campur dengan coffee 3 in 1)
2 sdm gula

Cara: larutkan semuanya

6.Chocolate Glaze Opera

80 gr whip cream cair
120 gr dark cooking chocolate compound atau couverture
3 sdm madu or light corn syrup
1 sdm minyak sayur

Cara:
Hangatkan whipcream hingga berbuih kecil tepinya (jangan sampai mendidih) lalu masukkan dcc, aduk rata sampai meleleh lalu masukkan madu atau light corn syrup dan minyak sayur. Aduk rata.

Penyusunan

• Untuk loyang 30x40, iris menjadi 6 bagian.

• Oles bagian bawah 1 layer jaconde dengan chablon, tutupi dengan kertas roti lalu balik dan dinginkan di kulkas sampai set.

• Setelah set oles bagian atas layer tadi dengan sirup kopi sampai benar-benar basah.

• Oles jaconde dengan ⅓ chocolate ganache, ratakan. Tumpuk dengan Jaconde ke-2, oles sirup kopi, oles lagi dengan ⅓ coffee buttercream. Ulangi secara bergantian sampai semua bahan habis.

• Simpan cake di kulkas semalaman (optional) lalu siram dengan chocolate glaze. Bila cake masih dingin, gunakan glaze hangat. Bila cake pada suhu ruangan, siram dengan glaze yang sudah agak dingin.

• Dinginkan cake di kulkas selama 1 jam agar set, baru rapikan samping-samping cake dengan pisau tajam yang cukup panas (dipanaskan atau disiram air panas), lap bersih pisau setiap akan mengiris supaya hasil potongan rapi.

Tips :
Kerjakan terlebih dahulu coffee buttercream, Chocolate Ganache, Coffee syrup dan
Chocolate coating for chablon. Baru mulai membuat jaconde (cake). Susun sesuai petunjuk resep. Simpan semalaman. Keesokan harinya baru membuat Chocolate glaze opera. Lalu disiramkan diatas opera cake yang sudah disimpan dikulkas semalaman.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar