Senin, Januari 01, 2018

Brownies Kukus


Bismillah..
Sudah lama saya penasaran sama brownies kukus ini. Penasarannya tuh..ingin coba bikin tanpa emulsifier. Putu Ayu kemaren juga dikukus dan tanpa emulsifier.  Hasilnya tetap lembut.
Untuk brownies kukus ini, setelah dicoba ternyata hasilnya lembut dan mengembang bagus. Yang perlu diperhatikan, saat pengocokan, telur dan gula harus betul-betul sampai mengembang dan kental. Saat pengadukan minyak dengan spatula juga harus benar-benar rata.  Mengukus dengan api yang tidak terlalu besar dan jangan lupa tutup kukusan dilapis serbet agar air tidak menetes ke kue. In syaa Allah hasilnya sesuai harapan. Saya membuat 1/2 dari resep di bawah. Hasilnya sekitar 9 buah kue.

BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM
source : catatan-nina.blogspot.co.id @bundnina_kitchen

Bahan :
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier (saya tidak pakai)
125 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
175 gr minyak sayur
100 gr DCC cincang dan lelehkan (Dark Cooking Coklat)

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan dan siapkan 2 buah loyang 30x10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang 20x20 cm, oles dengan margarin / minyak, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan. (Saya pakai cetakan kecil-kecil)

2. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.

3. Kocok telur dan gula pasir  hingga mengembang dan kental. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk, aduk hingga rata atau dikocok menggunakan mixer speed rendah.

4. Campurkan minyak sayur dan DCC leleh kemudian masukkan ke dalam adonan. Aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.

5. Tuang  adonan  ke dalam loyang, kukus selama 30 menit hingga matang. Lakukan test tusuk ya.

6. Angkat, keluarkan dari loyang dan biarkan dingin. Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar