Senin, Januari 01, 2018

Pistachio Cake



Bismillah...
Alhamdulillah mulai nulis di blog lagi. Setelah hampir 6 bulan ya tidak ada post masakan di blog. Ini cake pertama yang saya buat sepulang dari haji kemaren. Rasanya kangen ingin makan cake bikinan sendiri. Berusaha menghilangkan semua rasa malas, akhirnya jadi juga bikin cake. Ini cake biasa saja, pakai margarin full tanpa butter. Hasilnya wangi, agak padat tapi lembut, khas cake jadul. Ditambahin cincangan kacang pistachio, jadi makin istimewa. Berikut resepnya ...

PISTACHIO CAKE

Bahan :
250 gr margarin
100 gr gula halus
8 kuning telur
220 gr terigu

6 putih telur
50 gr gula pasir

100 gr kacang pistachio, cincang kasar

Cara membuat :
1. Kocok margarin dan gula halus sampai berwarna lebih pucat dan ringan.

2. Turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah, masukkan kuning telur satu persatu. Kocok hingga betul-betul rata disetiap penambahan telur.

3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, masih menggunakan mixer speed rendah sampai tercampur rata. Matikan mixer. Sisihkan.

4. Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan gula pasir. Kocok lagi hingga  kaku. Masukkan ke dalam adonan dalam 3 tahap, aduk rata dengan spatula.

5. Tambahkan kacang pistachio yang sudah di cincang kasar. Aduk balik dengan spatula.
.
6. Tuang ke loyang bundt ukuran 20 cm yang sudah dioles margarin dan ditabur terigu, panggang hingga matang. Di oven saya suhu 200 °C selama 40 menit api bawah dan 10 menit api atas. Sesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya. Hias bagian atasnya dengan coklat leleh dan cincangan kacang pistachio.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar