Sabtu, September 06, 2014

Batik Roll Cake

~ Batik Roll Cake...~
masih blm rapi....hehe...

Bahan cake :
3 btr telur utuh
100 gr gula pasir
100 gr terigu protein rendah
50 gr butter (lelehkan)
50 ml minyak
1 sdm susu kental manis putih
¼ sdt garam

bahan isi:
butter cream / selai sesuai selera (saya pake selai blueberry)

Cara membuat:
1. kocok telur dan gula hingga hingga kental dn berjejak, setelah itu masukan tepung terigu , aduk balik dengan spatula ,tambahkan minyak dan butter, aduk rata.
2. ambil sedikit adonan, bagi adonan menjadi beberapa warna sesuai kebutuhan, ambil sedikit adonan untuk outline (hitam/ coklat tua) masukkan ke piping bag
3. siapkan kertas roti yang telah digambar pola menggunakan pencil, tempelkan terbalik diatas Loyang (yg pas utk resep ini loyang ukuran 20x20 ) yang sudah dioles tipis dengan minyak/ mentega putih, kertas roti yg menghadap keatas jg dioles margarine tipis
4. buat outline dengan menebalkan pola garis dengan adonan warna hitam/ coklat tua, kukus kurang lebih 3-4 menit asal set dan adonan tidak basah, angkat.
5. setelah loyang agak dingin tuangi warna sesuai dengan gambar, setelah semua tertutup warna, kukus lagi selama 4 menit (matang) sisihkan.
6. tuang adonan cake
7. sebelum dikukus hempaskan perlahan loyang di meja utk mengeluarkan gelembung udara
8. kukus hingga matang
9. angkat, dinginkan, buka perlahan kertas roti, balikkan cake letakkan diatas kertas roti
10.oleskan selai, gulung sambil dipadatkan (episode ini yg sll bikin deg2an,takut patah.. tp mmg disaat menggulung harus pede, cepat dan jangan ragu2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar