Minggu, September 21, 2014

Lapis Legit



~ Lapis Legit ~


Mumpung lagi santai, kepikiran pengen bikin lapis legit, kue legendaris yang tak lekang oleh waktu...sampai sekarang tetap diminati, apalagi di kota Medan ini, yang terkenal dgn lapis legitnya. Bener bener butuh kesabaran ekstra membuat lapis demi lapis,tapi hasil buatan sendiri jauh lebih enak daripada beli di toko, beneran loh... Bikinnya cukup seloyang kecil aja (takut kolesterol naik lagi heeheh...),  kali ini masih pakai resep ncc, yang diubah suai dengan kapasitas loyangnya, loyang yang saya pakai ukuran 20 x 10 x 5 cm.

Bahan A :​

260 gr butter
120 gr gula halus
1/2 sdt garam
1,5 sdm susu kental manis
1/2 sdt vanilla bubuk/pasta

Bahan B:

18 btr ​kuning telur

Bahan C:

25 gr ​tepung terigu protein sedang
  2 sdm
​susu bubuk
1/4 sdm ​bumbu spekoek

Cara membuat:

  1. Loyang 20x10x5cm, polesi dengan mentega dan alasi kertas roti.
  2. Campur Bahan A, kocok sekitar 15 menit dengan kecepatan sedang. Kemudian masukkan Bahan B sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Bila sudah tercampur rata, matikan mixer.
  3. Masukkan Bahan C, aduk sampai rata.
  4.  masukkan ke dalam loyang (ukuran saya pakai 1 sendok sayur bulat). Ratakan adonan ke seluruh dasar loyang. Panggang dalam oven suhu kira-kira 200 derajat Celsius dengan api bawah dulu. Setiap lapisan memakan waktu lk 5 menit, sampai warna kecokelatan.
  5. Keluarkan dari oven, tuang adonan sebanyak ukuran yg sama dgn lapisan pertama tadi  ke dalam loyang. Oven lagi dengan api atas dan bawah dan biarkan 5 menit.
  6. Angkat,  Bila ada gelembung pada lapisan kedua ini, tusuk dengan tusuk gigi, lalu tekan lembut dengan punggung sendok. Putar loyang sesekali agar warna kecokelatan merata. Tekan dengan lembut saja, agar tiap lapisan kelihatan cantik dan merata
  7. Untuk lapisan selanjutnya gunakan oven dengan api atas saja. Lakukan hingga adonan habis.



                                                      tekstur adonannya seperti ini




                                                                lapisan pertama



                                                         lapisan terakhir dan selesai.....:)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar